Cara Membuat Blog Pribadi yang Baik dan Benar

Pelajari cara memulai blog dalam 12 langkah mudah dan manfaatkan kekuatan konten blog secara gratis.



Jika Anda tertarik untuk memulai sebuah blog, ada proses yang harus Anda ikuti jika ingin melakukannya dengan benar. Cara membuat blog pribadi bisa dimulai dengan mengikuti beberapa langkah dasar, yang akan kami uraikan di bagian selanjutnya.


Dengan membuat blog untuk hasil pencarian lokal dan memasarkan blog Anda melalui media sosial, Anda dapat terus memperluas pengikut seiring pertumbuhan blog Anda. Anda bahkan dapat menggunakan analitik dan riset kata kunci untuk mengetahui jenis pertanyaan apa yang diajukan orang tentang topik blog Anda dan untuk mengukur dampak kata kunci tertentu.


Meskipun blogging bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan bisnis Anda, Anda tidak dapat berharap untuk membuat blog dan membangun pengikut dalam semalam kecuali Anda memiliki merek yang sudah mapan. Bagi sebagian besar bisnis, mempelajari cara memulai sebuah blog adalah proses panjang yang melibatkan banyak pengambilan keputusan, sedikit investasi finansial, dan banyak usaha. Jika Anda ingin mengatur blog Anda dengan benar, Anda perlu meluangkan waktu untuk memilih nama blog dan nama domain terbaik, mendaftar ke platform hosting blog yang tepat, dan menginstal plugin yang tepat.

12 Langkah yang dapat dilakukan seorang pemula untuk memulai sebuah blog




Di dunia modern, kehadiran online sangat penting bagi hampir semua orang. Baik Anda pemilik usaha kecil atau hanya memiliki hobi yang ingin diubah menjadi minat, memulai sebuah blog bisa menjadi cara yang baik untuk menemukan audiens yang tertarik dengan apa yang Anda lakukan. Anda dapat memulai membuat blog untuk berbagi beberapa resep favorit Anda atau memamerkan hasil rajutan Anda, atau Anda dapat menggunakan blog Anda sebagai cara untuk mengedukasi calon pelanggan tentang produk atau layanan Anda untuk mendorong penjualan.

Berikut langkah yang perlu dipersiapkan untuk memulai membuat blog pribadi dengan baik dan benar kami uraikan dibawah ini.

1. Pilih subjek

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk memulai sebuah blog adalah memilih subjek. Blog Anda dapat mencakup topik umum yang mencakup banyak subtopik spesifik, namun Anda ingin memastikan bahwa Anda menulis blog tentang topik yang diminati orang. Anda dapat melakukan sedikit riset untuk melihat jenis blog apa yang dibaca orang. sebagian besar, yang dapat membantu memberi Anda gambaran tentang apa yang harus ditulis. Anda mungkin merasa lebih mudah mendapatkan pengikut dengan meliput topik khusus, jadi luangkan waktu untuk mempertimbangkan pilihan Anda dan temukan topik yang sesuai.

2. Pilih nama

Setelah Anda mengetahui tentang apa Anda ingin membuat blog, Anda perlu memilih nama untuk blog Anda. Nama blog Anda mungkin tidak terlihat penting, tetapi nama blog Anda mirip dengan judul postingan blog Anda. Beberapa orang akan memutuskan apakah mereka ingin memeriksa blog Anda berdasarkan namanya saja. Meskipun bukan itu masalahnya, orang-orang masih tertarik pada blog dengan nama yang pendek, menarik, dan unik. Meskipun demikian, Anda juga harus memastikan nama blog Anda relevan dengan bisnis Anda atau subjek blog dalam beberapa hal.

Jika Anda kesulitan memilih nama yang bagus untuk blog Anda, Anda bisa mencoba generator nama blog. Generator nama ini memungkinkan Anda memasukkan beberapa kata kunci, lalu memberi Anda nama blog potensial yang dapat Anda pilih.

3. Daftarkan nama domain Anda

Mendaftarkan nama domain Anda adalah salah satu langkah terpenting dalam cara memulai sebuah blog. Nama domain Anda adalah URL yang diketik orang di bilah alamat untuk membuka situs web Anda, biasanya diakhiri dengan “.com”. Idealnya, Anda menginginkan URL yang singkat dan langsung pada sasaran, sehingga mudah bagi orang untuk mengetiknya. URL Anda juga harus mudah dieja dan diucapkan, sehingga orang dapat memberitahu teman mereka untuk mengunjungi blog Anda dan tidak ada kebingungan.

Anda dapat menggunakan Mailchimp untuk memeriksa ketersediaan domain dan mendaftarkan nama domain Anda. Satu hal yang perlu diingat mengenai nama domain adalah mendaftarkan nama domain yang bagus bisa sangat kompetitif. Kecuali jika blog Anda memiliki nama yang sangat unik, kemungkinan besar Anda harus melakukan beberapa kompromi terkait nama domain Anda.

4. Temukan host web

Hanya karena Anda memiliki nama domain bukan berarti Anda memiliki situs web—Anda juga memerlukan host web. Ketika berbicara tentang blog, kebanyakan orang memilih WordPress. Masalahnya, WordPress sebenarnya bukan penyedia web hosting melainkan platform blog. Kabar baiknya adalah, ada banyak pilihan web hosting yang menawarkan web hosting WordPress.

Jika Anda ingin menghosting situs web Anda dengan WordPress, Anda dapat membuka halaman “Hosting” di WordPress untuk melihat opsi hosting web WordPress yang direkomendasikan. Saat ini, WordPress telah mencantumkan Bluehost, DreamHost, dan SiteGround sebagai layanan web hosting yang mendukung hosting WordPress.

Carilah host web yang membuat integrasi WordPress menjadi mudah dengan instalasi sederhana dan dukungan yang kuat. Opsi yang direkomendasikan oleh WordPress umumnya merupakan pilihan yang aman. Jika Anda tertarik dengan cara memulai blog gratis, Anda dapat melihat penyedia hosting web gratis.

5. Siapkan blog Anda

Sekarang Anda memiliki nama domain dan hosting web, sekarang saatnya mulai menyiapkan blog Anda. Proses menambahkan blog ke situs web Anda bervariasi tergantung pada penyedia hosting web Anda dan apakah Anda menggunakan alat yang mereka tawarkan atau menyewa pengembang web. Sebagian besar opsi hosting WordPress memiliki fitur yang memudahkan pengaturan blog, termasuk hal-hal seperti drag-and-drop dan instalasi sekali klik. Jika Anda kesulitan mengetahui cara menyiapkan blog, carilah tutorial atau video YouTube yang disediakan oleh perusahaan web hosting yang Anda gunakan.

Saat Anda menyiapkan blog, Anda juga harus memilih tema, memutuskan jenis font apa yang ingin Anda gunakan, dan menyelesaikan semua detail kecil lainnya.

6. Buat alamat email blog khusus

Menjaga perkembangan blog Anda adalah hal yang penting, namun Anda mungkin tidak ingin kotak masuk email pribadi Anda menerima spam berisi pemberitahuan dan pembaruan tentang blog Anda. Sekarang setelah Anda memiliki nama domain dan hosting web sendiri, Anda tidak perlu khawatir tentang hal itu. Anda dapat membuat alamat email blog khusus yang dapat Anda gunakan untuk melihat pemberitahuan tentang postingan blog, dan Anda dapat menggunakan email tersebut untuk menjawab pertanyaan pembaca dan berkomunikasi dengan audiens Anda secara lebih pribadi. Alamat email Anda akan diakhiri dengan “@domainanda.com”, namun Anda masih dapat menautkannya dengan layanan email populer mana pun untuk membaca email Anda.

Jika Anda bukan satu-satunya orang yang mengerjakan blog Anda, Anda dapat membuat beberapa alamat email blog khusus. Membuat alamat email ini cepat dan mudah, dan merupakan cara terbaik untuk mengobrol dengan pembaca.

7. Buat akun media sosial Anda

Media sosial adalah cara terbaik untuk mempromosikan blog Anda dan memberikan kehadiran online yang lebih luas. Beberapa media sosial terpopuler saat ini antara lain Twitter, Instagram, Facebook, dan TikTok. Jika postingan blog Anda berpusat pada topik profesional atau pendidikan, LinkedIn juga bisa menjadi tempat yang baik untuk membagikan artikel Anda.

Anda dapat menggunakan akun media sosial Anda untuk mempromosikan postingan blog bisnis kecil Anda. Saat Anda membuat postingan baru di blog Anda, cukup salin link postingan blog tersebut dan bagikan dengan uraian singkat. Anda dapat dengan mudah membagikan tautan ke postingan blog Anda di Facebook, LinkedIn, dan Twitter. Di Instagram, Anda harus mengarahkan pengguna untuk mengeklik tautan di bio Anda dan menyertakan tautan ke blog Anda di sana.

8. Instal plugin blog

Plugin membantu memberi Anda kontrol lebih besar atas tampilan, nuansa, dan fungsi blog Anda. Anda tidak akan memanfaatkan semua plugin yang tersedia sebagai pemula, tetapi Anda setidaknya harus mencoba beberapa plugin yang sangat direkomendasikan. Plugin blog dapat mencegah spam, memudahkan pembaca berbagi postingan blog, dan menghubungi Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang postingan blog tertentu. Bahkan ada plugin yang dapat membantu Anda mengoptimalkan blog Anda untuk SEO, sehingga lebih mudah untuk memperbanyak audiens Anda.

9. Tentukan panjang postingan & frekuensi postingan

Sebenarnya menulis postingan blog adalah salah satu bagian terpenting dalam menjalankan sebuah blog. Sebelum memulai, Anda harus mengetahui berapa lama Anda ingin postingan blog Anda dan seberapa sering Anda ingin memposting. Ini membantu Anda menjaga blog Anda tetap konsisten, dengan postingan reguler dengan panjang yang hampir sama. Jika Anda ingin lebih konsisten lagi, Anda bisa membuat template postingan blog yang bisa Anda gunakan saat membuat postingan blog baru.

10. Buat postingan blog pertama Anda

Sekarang setelah Anda mengetahui berapa lama postingan blog Anda ingin dibuat dan seberapa sering Anda akan ngeblog, inilah saatnya membuat postingan blog pertama Anda. Postingan blog pertama Anda adalah peluang penting untuk memberikan kesan pertama, jadi luangkan waktu Anda untuk menulis postingan yang dipikirkan dengan matang. Anda dapat langsung masuk ke blog Anda dengan postingan menarik tentang bidang keahlian Anda, atau Anda dapat menggunakan postingan ini untuk memperkenalkan diri. Apa pun yang Anda lakukan, menulis postingan blog pertama yang baik sangatlah penting.

11. Pasarkan blog Anda

Anda mungkin akan mengembangkan blog Anda dari mulut ke mulut dan lalu lintas organik sampai tingkat tertentu, namun tidak ada pengganti untuk pemasaran yang baik dalam hal mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda. Setiap kali Anda membuat postingan blog baru, Anda harus memposting link ke postingan blog tersebut dengan deskripsi singkat di akun media sosial Anda.

12. Gunakan analitik

Menggunakan analitik untuk melihat kinerja blog Anda adalah cara yang baik untuk memastikan Anda berada di jalur yang tepat untuk memenuhi tujuan blog bisnis kecil Anda. Mungkin Anda ingin sejumlah pembaca mendaftar ke buletin bisnis Anda, atau mungkin Anda ingin mendapatkan sejumlah pembaca baru setiap bulannya. Dengan menggunakan analitik, Anda dapat memantau keberhasilan setiap postingan blog dan blog Anda secara keseluruhan.



Saatnya mengambil langkah pertama

Jika Anda memiliki sesuatu untuk dibagikan kepada dunia, memulai sebuah blog bisa menjadi cara yang baik untuk menjangkau khalayak luas. Baik Anda seorang pemilik bisnis atau pengusaha, Anda dapat memulai sebuah blog dengan mengikuti 12 langkah di atas.

Butuh bantuan untuk meluncurkan blog Anda? Dengan Mailchimp, Anda dapat membuat situs web khusus, ditambah lagi Anda dapat menikmati fitur pemasaran email dan otomatisasi yang membantu Anda membangun audiens sekaligus menghemat waktu dan uang. Jika Anda mencoba memulai sebuah blog tetapi membutuhkan bantuan, cobalah Mailchimp hari ini.

Komentar